Pra-Bimtek Assemen Dalam Pembelajaran Mendalam & Pemanfaatan Koding Ai
Pra-Bimtek Assemen Dalam Pembelajaran Mendalam & Pemanfaatan Koding Ai
Surakarta, 11, 13, 17 Nopember 2025
Dasar Teknis Kegiatan
Arahan PS dan KS terkait RTL Pembelajaran Mendalam , Koding AI
Penguatan PM-Koding Ai oleh PengawaS Sekolah
Anggaran Sekolah terkait Pengembangan Kompetensi Guru
Persiapan Kegiatan Assesmen Akhir Semester
Peserta :
Seluruh Guru
Kepanitian
Tim SDM -
Kurikulum -TU dan
Tim Keuangan
Narasumber :
Pengawas dan
alumni Diklat PM, Koding Ai :
Pak Hardi
Bu Ary
Bu Afi
Pak Bambang
Pak Radian
Pelaksanaan :
11 Nopember 2025 : Persiapan dan sinkronisasi Kegiatan Bimtek ; 13.00 - Selesai
13 Nopember 2025 menjadi 17 Nop 25 : Pelakasanaan Bimtek 1 (bersama pengaawas : 10.30 - 14.40
17 Nopember 2025 menjadi 18/19 Nop 25 : Pelaksanaan Bimtek ke 2 ( bersama Tim PM dan KAI) : 12.00 - 14.40
Tim Alumni Pelatihan PM dan Koding mohon membuat skenario kegiatan utk hasil maksimal dengan waktu yg ada, dengan waktu yang ada dapat menambah Wawasan dan Pengetahuan serta Penerapan PM oleh Guru di SMK Negeri 9 Surakarta.
Pembagian Kelompok, mohon diskenario lagi oleh tim sdm dari draft yg ada.
Output :
berupa Hasil karya Perangkat Rencana Assesmen dan materi Singkat pembelajaran Mendalam oleh setiap guru periode Akhir Semester Gasal 2025/2026
Perangkat Assesmen :
Rencana Pembelajaran (RPP- Modul Ajar), Point Assesmen
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran :
Untuk mengetahui apakah murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.
Kriteria ketercapaian ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen, karena belum tentu suatu asesmen sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini merupakan penjelasan tentang kompetensi apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan murid sebagai bukti (evidence) bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran.
Dengan demikian, kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah murid telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan menggunakan beberapa pendekatan, di antaranya:
1) menggunakan deskripsi kriteria;
2) menggunakan rubrik;
3) menggunakan skala atau interval nilai; dan
4) menggunakan persentase, atau pendekatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan pendidik dalam mengembangkannya.
Soal, Rubrik Penilaian