Mendasari Kegiatan
Semakin menurunnya kedisiplinan kehadiran dikelas
Semakin menurunnya ketidaktertiban dalam hal kepulangan siswa , Berseragam dan lainnya
Kemerdekaan belajar maupun mengajar yang belum seperti diharapkan
Apatis nya kita sebagai warga sekolah terhadap keadaan, yg secara umum merasa dibatasi khususnya dalam penertiban siswa (yang cenderung berbeda cara menanganinya)
Fakta yang ada : refleksi.smkn9surakarta.sch.id
https://lookerstudio.google.com/reporting/9495977f-4612-4a98-b2c7-c24067ee986f/page/1xZU
Sesuai yg saya rasakan pribadi ini kondisi yang benar-benar sangat memprihatinkan..
namun saya sendiri sdh diluar kemampuan untuk memberi ... tanggapan
Kapro : Info Kelas XII selama Pengambilan raport
mohon dikelola Kapro, bersama Guru Produktif Non walikelas X, XI dan Walikelas XII
Kalo memungkinkan sudah ada pengaturan mulai dari sekarang di tingkat Jurusan
Tim Pendamping :
Menyelesaikan pedampingan ekiberja, pada tahap observasi
Level guru kita sudah melakukan kegiatan dimaksud namun terkait efektif tidak efektif diserahkan ke pendamping, selanjutnya meminta guru memberi umpan balik
umpan balik terakhir
Upaya yang dilakukan
Membuat system 1 pintu (kehadiran dan kepulangan siswa) keluar masuk siswa akan tercatat
ada tim Khusus yg menangani siswa terlambat, walau skedar mengumpulkan siswa di tempat tertentu secara konsiten.
Jika mungkin ada aplikasi khusus dan tim khusus atau optimalisasi lini terkait
Mengoptimalkan piket : Guru Piket depan, piket kelas dan piket belakang disepanjang waktu jam dinas.
Memberi
penguatan karakter
penyadaran diri (konsekuensi terlambat jangka panjang dapat di ibaratkan mau naik kereta api/pesawat terbang maka siswa kita akan banyak yang ketinggalan sehingga rugi materi, rugi waktu dan bahkan tidak mendapatkan seperti yang diharapkan)
Konskuensi jangka pendek : Pemberian Nilai, Bimbingan khusus oleh tim khusus, misalnya tim kesiswaan, bk, atau pihak external : kepolisian, koramil) berdasarkan data yang dipastikan siswa tidak disiplin secara kontinue)
dan lainnya yang akan kita bahas pada koordinasi kali ini :
dan lain sebagainya sesuai pemikiran ibu bapak
Contoh Piket :
Piket Manajemen : Memantau kehadiran guru dikelas di jam pertama
Piket guru didepan : mencatat siswa yg terlambat, siswa yg pulang (sehingga tugas tsb tdk dibebankan ke satpam) satpam dioptimalkan utk ketertiban
Penguatan Bidang Lainnya :
Meminimalisasi adm. guru yang tdk terkait langsung dengan KBM
Penjadwalan Tim piket dan pemantauannya
Meminimalisasi kegiatan NONPBM/Manajemen Sekolah di jam kerja
Refleksi bersama
Ada kegiatan yg merekatkan sesama tim : pengajian, pertemuan keluarga, .. jika diperlukan outbond