AGENDA
Mapping mapel dsb sinkronisasi
Pelaksanaan assesmen akhir tahun
Sinkronisasi dgn SPMB
Pra Sinkronisasi
Kurikulum SMK bisa saja berubah, shg perlu rujukan lainnya
Analisis CP-elemen-okupasi-PKL-LKS-ukk (menjadi acuan dalam menyusun perangkat mengajar) :
Supaya tidak membingungkan, karena kita sebagai guru belum siap dengan istilah2 umum
KBK : kurikulum berbasis Kompetensi (cenderung mempelajari software / alat tertentu
KTSP : kurikulum yg memberi kebebasan sesuai dengan karakter sekolah
Kur13
KurMer
Sekolah melalui kapro memilihkan hal-hal yang akan dipelajari dan dijadikan acuan seluruh guru, guru dapat mengembangkan dengan tetap mengacu Kisi-kisi dari sekolah yg akan disusun oleh kapro/k3
Kurikulum enterprenuer Bu Yanti : ada kegiatan di tengah/akhir semester bersama Tefa, lini diatasnya dan walikelas
Model jam sekarang.. memungkinkan materi sdh selesai dan siswa cepat pulang (blok full : jam, materi, guru)
Arah Kurikulum di era pak pak Abdul mukti : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1QnM5AHMigv4fMNFfSrehLxt21Fa6-wq8/edit?usp=sharing&ouid=100965973469857307217&rtpof=true&sd=true
Coding AI
TKA : Mat, BIG, BIND, Mapel Pilihan/Jurusan
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tahapan Kegiatan
Pra Sinkronisasi (Dokumen Sinkronisasi) : 15 Mei 2025
Pelaksanaan Sinkronisasi dan Penandatangan Keterlibatan DUDI dalam penyusunan KSP oleh Kapro-k3-Humas-Guru Produktif : 150/3hari =@50/hari :
Kegiatan Sinkronisasi : Analisis, Perancangan, Pengembangan, LinkandMatch, Pengesahan Keterlibatan (Sebelum SPMB)
21 Mei 2025 : Pengawas(1), Kapro, k3,(9) 3 Guru perwakilan X8 Jurusan(24) , Tim Kur (10), 1 Koord.BK, Tim Manj.
22 Mei 2025 : Narsum Dudi (8), kapro, k3, (9)3GuruX8 Jurusan(24) , Tim Kur(10), Humas, SPMI,
23 Mei 2025 : -'"- mgmp umum, timkur
Anggota dan Kelompok SInkronisasi :
DKV-Seni Rupa :
Animasi Busana
DPK
TJKT
Perangkat Sinkronisasi
Surat Pernyataan Keterlibatan Sinkronisasi
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1M62sRhqLDZRlrqiNjIIfs887BB3BClL93mLAmrCz99Q/edit?usp=sharing
Surat menyurat ke dudi (tim humas, dan tu)
MOu PKL (AKhir JAnuari 2026) dan lainnya
Analisis CP, Elemen, LSP, UKK, OKUpasi, Mata Lomba LKS , Produk yang dihasilkan.
Mengalokasikan point 3 menjadi suatu mapel dan jumlah jam sesuai struktur kurikulum, (meminimalisasi pbljran selesai sbl m waktunya, sehingga jam kbm dipecah2, ini juga saran tim dapodik.. yg telah diterapkan di TJKT)
Mapel konsentrasi dibagi menjadi 3 atau 4 :
MKK1
MKK2
MKK3
MKK4
Pembagian beban Mengajar Guru : https://docs.google.com/spreadsheets/d/1QnM5AHMigv4fMNFfSrehLxt21Fa6-wq8/edit?usp=sharing&ouid=100965973469857307217&rtpof=true&sd=true
Penyusunan Jadwal Mengajar
Blok Jadwal A dan B di bagi sesuai beban mengajar perminggu dengan pengelompokan mapel umum, PKK 12 dan Konsentrasi/DPH
Pembagian Ruang Praktik / Bengkel kejuruan : Pasangan Ruang Praktik kelas 12 dengan kelas 10, utk pemenuhan ruang praktik mapel PKK kelas 12 [Mengacu struktur]
Orientasi mapel Bahasa Indonesia, BIG, Mat, Mapel Piliah utk persiapan TKA