Pengembangan Diri dan Orang lain
Pengembangan Diri dan Orang lain
Evaluasi kinerja Kepala Sekolah dengan metode self assesmen (penilaian diri sendiri)
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan / Pengembangan Diri Kepala Sekolah.
Jurnal / Catatan Daftar Kegiatan Pengembangan Diri yang diikuti dan laporannya
Evaluasi dan refleksi terhadap hasil pengembangan diri untuk perbaikan
Hasil analisis asesmen awal pembelajaran,
Kognitif dan non kognitif (diagnostik berupa pemetaan kebutuhan belajar siswa.
Program Pelatihan / Workshop Guru di lingkungan sekolah dengan adanya daftar hadir kegiatan, foto kegiatan, dan atau terbentuknya komunitas belajar di lingkungan sekolah.
Supervisi Akademik Guru dengan metode Coaching dengan tahapan pra observasi, observasi dan pasca observasi
Hasil tindak lanjut kegiatan supervisi guru.
Program kerja dan laporannya : Pelatihan Guru di luar sekolah, magang guru di Industri, program upskilling dan reskilling, serta kegiatan lainnya seperti : mengikuti MGMP, Komunitas Belajar, Optimalisasi pemanfaatan PMM, mengikuti webinar yang relevan sesuai dengan bidang ilmu dan kebutuhan.
Bukti keikutsertaan pada organisasi profesi atau komunitas belajar (MKKS, PGRI, dll) :
Dokumen Kegiatan Bu Ary dan Tim
Dokumentasi berbagi pengalaman (praktik baik) dengan sekolah lain dalam bentuk deseminasi, lokakarya atau kegiatan sejenis.
Dokumen PP dan narsum Guru SMKN 9 Surakarta ke luar
Program kerja sekolah dan laporan kegiatan yang mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik kepemimpinan dari kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan.
Laporan pendampingan kepada kepala sekolah lain dalam pengembangan karier melalui jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah.
Bukti aktifitas sebagai inisiator dalam mengembangkan dan memberdayakan jejaring dan organisasi kepemimpinan sekolah (komunitas belajar Kepala Sekolah)
Aktualisasi kecerdasan spiritual (SQ) dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar sekolah.
Aktualisasi kecerdasan emosional (EQ) dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar sekolah.
Bukti pengambilan keputusan/kebijakan kapala sekolah dengan menggunakan prinsip moral yang tertuang dalam catatan/notulen rapat.
Bukti penilaian pimpinan kepala sekolah tentang perilaku kerja yang baik dan buku pembinaan perilaku kerja GTK di sekolah.
Dokumen peraturan sekolah (
tata tertib,
kode etik, core value, dsb) dan
sosialisasinya kepada warga sekolah (GTK, peserta didik, orang tua dsb)
2. Kepemimpinan Pembelajaran
Program kerja sekolah dalam menciptakan iklim keamanan sekolah dan inklusivitas yang dibuktilan dengan kesejahteraan psikologis siswa yang baik, tidak ada: perundungan (fisik dan verbal), hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Sekolah mengembangkan suasana proses pembelajaran yang menyediakan layanan yang ramah bagi peserta didik dengan disabilitas dan cerdas berbakat istimewa.
Adanya fasilitas komunikasi dan interaksi antar warga sekolah yang dibuat secara resmi moleh sekolah
Tersedia kotak saran atau saluran aspirasi melalui forum MPK baik secara luring maupun daring lewat media sosial atau web sekolah dan bukti tindak lanjut dari sekolah terkait masukan dan aspirasi dari murid.
Bukti keterlibatan siswa dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif dalam bentuk usulan program yang berasal dari siswa serta implementasinya.
Dokumen rapat penyusunan KOSP
Undangan, daftar hadir, notulen, dokumentasi dan
Hasilnya KOSP,
Perangkat mengajar guru dan
Perangkat asesmen
Umpan balik hasil observasi mengajar guru yang dilaksankan pada tahapan pasca observasi dalam rangkain supervisi guru.
Karya praktik baik Kepala Sekolah dalam pembelajaran yang yang berpusat pada murid yang diunggah dalam PMM atau deseminasi melalui komunitas belajar di sekolah.
SK Pembagian Tugas Mengajar Guru,
Jadwal mengajar
Kelengkapan sarana prasarana pembelajaran di kelas dan bengkel/laboratorium sesuai Permendikbudristek Nomor 47 Tahun 2023
Daftar nilai (formatif dan sumatif),
Legger Nilai, Laporan Hasil Belajar (Rapor),
Sertifikat kompetensi,
Dokumentasi P5:
Jurnal (Pendidik),
Portofolio (Siswa), Pemetaan Alur Pengolahan Assesmen P5,
Rapor P5
Laporan tindak lanjut hasil assesmen oleh guru
Refleksi diri terhadap hasil asesmen yang dilakukan oleh sesama pendidik, kepala satuan pendidikan, dan/atau peserta didik.
Laporan kegiatan dalam komunitas belajar untuk perbaikan kualitas proses belajar: peer teaching, FGD, sharing pratik baik, pelatihan mandiri di PMM dll
Hasil angket kebutuhan dan karakteristik/profil orang tua/wali murid
Rapat Sosialisasi Program Sekolah kepada orang tua/wali dengan melibatkan semua guru di sekolah (undangan, daftar hadir, notulen, dokumentasi)
Adanya fasilitas komunikasi dan interaksi antar guru dan orang tua/wali murid yang dibuat secara resmi oleh sekolah
Tersedia kotak saran atau saluran aspirasi melalui forum Komite Sekolah maupun daring lewat media sosial atau web sekolah dan bukti tindak lanjut dari sekolah terkait masukan dan aspirasi dari orang tua/wali murid.
Program orang tua/wali murid mengajar, kegiatan parenting, dll
Jadwal program orang tua/wali murid mengajar, jurnal pendampingan belajar murid di rumah oleh orang tua/wali murid, pembelajaran projek yang melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping/sumber belajar.
3. Kepemimpinan Manajemen Sekolah
Dokumen rapat review dan penyusunan visi dan misi sekolah yang melibatkan warga sekolah (undangan, daftar hadir, notulen, dokumentasi)
Laporan pengembangan diri guru dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.
Bukti Sosialisasi Visi dan Misi kepada warga sekolah baik secara luring maupun daring lewat berbagai media.
Penyusunan RKT/RKAS, RKJM/Peta Jalan/RIPS yang melibatkan seluruh warga sekolah dan hasil pelaksanaan program.
EvAlausi pelaksanan program sekolah dikaitkan dengan pencapaian visi dan misi sekolah.
Analisis kebutuhan program kerja priortas sekolah dalam bentuk laporan PBD Rapor Pendidikan dan dituangkan dalam RKT/RKAS sekolah.
Daftar kompetensi PTK, Inventaris sarana dan prasarana dan sumber anggaran sekolah dan Laporan kegiatan PPDB
Pembagian Tugas PTK dan laporan kinerjanya, laporan penggunaan sarana dan prasarana sekolah, RKAS dan laporan pemanfaatan dana sekolah serta data profil murid dari hasil PPDB.
Laporan pelaksanan program sekolah yang berdampak pada murid, prestasi sekolah dan warga sekolah (KS, PTK dan murid), hasil tracer study.
Sosialisasi Program Sekolah kepada seluruh warga sekolah beserta rencana strategis pelaksanaannya.
Program Supervisi Manajerial Kepala Sekolah dan bukti pelaksanaannya beserta umpan balik.
RapatEvaluasi Ketercapaian Program Kerja Sekolah (undangan, daftar hadir, notulen, dokumentasi)
4. Kepemimpinan Pengembangan Sekolah
Dokumen Evaluasi Diri Sekolah yang melibatkan warga sekolah dengan berbasis data dan bukti.
Dokumen RKT/RKAS, RKJM/Peta Jalan/RIPS yang disusun berdasar kebutuhan murid, ketersediaan sumber daya, serta visi dan misi sekolah dengan berbasis data dan bukti.
Program pengembangan sekolah dalam lingkup terbatas untuk mendapatkan bukti keberhasilan sebelum diterapkan pada lingkup yang lebih luas seperti program riset terapan untuk medukung kegiatan teaching factory di sekolah.
Adanya Unit Usaha Sekolah yang mendukung teaching factory serta berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pengembangan sekolah (SOP Unit Usaha, laporan unit usaha dan dokumen kontribusi unit usaha terhadap pembiayaan sekolah)
Program pengembangan sekolah yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis projek dan teaching factory dibuktikan dengan :
Perangkat mengajar guru,
Jadwal pelajaran/praktik,
Produk barang/jasa hasil pembelajaran dan
Nilai hasil assesmen.
Program dukungan sekolah terhadap masyarakat berupa program kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah yang selaras dengan program masyarakat sekitar (desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, dst) sesuai dengan program keahlian, adanya unit usaha sekolah dalam mendukung memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan dengan program keahlian.
Sosialisasi program pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid kepada orang tua/wali murid dan masyarakat.
Program kemitraan sekolah dengan pihak eksternal diberbagai bidang dibuktikan dengan MoU atau Naskah kerjasama antara dua pihak sekolah dan pihak eksternal dan dokumentasi kegiatan kerjasama
Laporan : sinkronisasi kurikulum,
PKL, magang guru,
guru tamu, rekrutmen tenaga kerja, bantuan CSR, dll)
RESPONDEN PKKS
Peserta Didik : 15 siswa
Orang Tua/Wali : 5 orang/jenjang
DUDIKA : 1 orang/Program Keahlian
Guru : minimal 27% dari jumlah guru